Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir

10 Februari 2015 | Category Lainnya

Korek Bore-up – Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir – Jakarta memang masih jadi langganan banjir, hingga sampai saat ini masih banyak daerah yang tergenang banjir. meski jalanan di Ibukota banjir, masih banyak kita lihat orang berkendara memaksakan kendaraan mereka menembus banjir. memang beresiko, namun mungkin tidak ada pilihan lain untuk sampai ke tempat pekerjaan. namun dengan memaksa menerjang banjir, jika mogok di tengah-tengah banjir maka itu akan bikin ribet. nah bagaimana tips dan apa yang harus diperhatikan jika ingin berkendara menembus banjir agar kendaraan terhindar dari mogok dan kerusakan fatal, berikut ini tipsnya.

Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir

Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir

Nah untuk yang terpaksa memaksa kendaraan baik itu mobil dan sepeda motor untuk menerjang banjir, lakukan tips ini agar terhindar dari mogok dan kerusakan mesin yang fatal.

Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir

1.  Yang pertama tentunya anda coba cari dahulu informasi jalan alternatif yang tidak banjir. dengan menghindari banjir, tentu anda akan terhindar dari resiko kendaraan anda rusak.

2.  Jika Terpaksa harus menerjang banjir, maka perhatikan ketinggian air, jangan sampai merendam keseluruhan dari mesin dan jangan sampai merendam komponen kelistrikan. komponen kelistrikan biasanya letaknya lebih tinggi dari mesin. jadi jika mesin tidak terendam seluruhnya maka komponen kelistrikan aman.

3. Perhatikan bagian yang biasanya ngadat menyebabkan mogok ketika masuk genangan air. berikut ini.

  • Busi dan Padud Busi atau Cop Busi Sepeda Motor

cop busi yang karetnya sudah keras biasanya suka kemasukan air karena karetnya sudah gak elastis menahan air. solusinya bisa kasih lem sealer. pada sepeda motor bebek, busi dan cop busi memang rentan ngadat karena letak busi rendah.

  • Delco / Distributor pada Mobil

Pada Mobil lawas seperti Daihatsu Zebra, letak Delco atau delko berada rendah di dekat manipold knalpot dan rentan terendam saat genangan air cukup tinggi. hindari komponen ini terendam air.

  • Saringan Udara Air Filter mobil dan motor.

Cermati posisi saringan udara atau filter udara. apa yang harus di perhatikan, posisi saluran hisap apakah ada bagian yang rendah yang bisa terendam dan menyedot air. contoh pada mobil truk, meski corong saluran hisap posisinya keatas sejajar dengan kabin, tapi box filter nya berada rendah sejajar dengan ban. nah jika genangan sampai merendam komponen tersebut, tipsnya buka aja selang hose saringan udara dari manipoldnya. water hamer atau mesin yang kemasukan air bisa membuat kerusakan fatal.

4.  Jaga jarak dengan pengendara lain, kondisi rem yang basah bisa mengakibatkan sistem pengereman kurang maksimal, belum lagi jalan yang pastinya licin.

5. Jaga RPM mesin jangan terlalu rendah, atau kalo bisa atur dulu rpm atau naikan rpm mesin.

6. Jika tiba-tiba kendaraan mogok di genangan air, jangan paksa starter mesin, matikan kontak, coba cari pertolongan untuk mendorong mobil anda ke tempat aman, kalo bisa cabut kabel aki dan hubungi mekanik. jangan coba starter mesin sampai dilakukan pengecekan. ingat jika mesinnya mati karena menghisap air maka akan membuat mesin anda rusak parah karena water hammer.

Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir diatas bisa mencegah kendaraan anda mogok dan mencegah kerusakan yang fatal pada mesin anda. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Tips Aman Berkendara Menerjang Banjir | korekboreup | 4.5

Konten Yang Sesuai :