Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina

10 Februari 2015 | Category BAJAJ, Honda, KAWASAKI, SUZUKI, TVS, YAMAHA

Oktan BBM – Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina – Pertamax kini banyak digunakan masyarakat sebagai bahan bakar untuk kendaraan baik mobil dan sepeda motor. mungkin karena sekarang harga BBM Premium dan Pertamax yang tidak terpaut jauh dan juga sepeda motor jaman sekarang yang mengusung mesin Injeksi. BBm pertamina diantaranya Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing. apa saja perbedaannya dan berapa nilai oktan masing-masing bahan bakar tersebut. nah selengkapnya berikut ini.

Sebagian besar pengguna kendaraan lebih memilih Premium karena harganya yang lebih terjangkau. Namun sayangnya, antara Premium dan Pertamax banyak perban­dingan dari sisi kualitas bahan bakar. Premium dengan nilai oktan 88 memiliki beberapa ke­kurangan. Yaitu, masih me­miliki kandungan timbal pa­da asap yang dihasilkan sehingga mencemari udara. Nilai oktan Premium yang relatif rendah mengakibatkan terbakarnya bensin Premium dengan sa­ngat mudah di dalam mesin dan tidak sesuai dengan tekanan dari piston (knocking). Pertamax (oktan 92) dan Pertamax Plus (oktan 95) sudah tidak lagi mengandung timbal. Nilai oktan lebih tinggi membuat pembakaran ben­sin lebih optimal dan sesuai dengan gerakan tekanan oktan. “Nilai oktan lebih tinggi direkomendasikan untuk kendaraan keluaran terbaru yang sudah berteknologi EFI (Electric Fuel Injection) atau teknologi baru lainnya.

Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina

Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari Pemerintah. Premium menggunakan tambahan pewarna dye, Mempunyai nilai Oktan 88 dan Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak.

Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Pertamax Plus, seperti halnya Pertamax dan Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi, dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax Plus merupakan bahan bakar yang sudah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax Plus adalah bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi minimal 10,5, serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.

Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina

Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina

Pertamax Racing Fuel sebagai Bahan bakar balap mampu menghasilkan daya dan torsi tinggi tanpa menimbulkan detonasi, agar kendaraan balap responsif dan berkinerja stabil, serta ketahanannya tinggi. Produk ini merupakan high grade fuel quality yang bersifat ramah lingkungan (mengandung bioethanol & bebas timbal/TEL) dan diformulasikan secara khusus untuk bahan bakar kendaraan balap dan kendaraan modern yang memiliki kompresi mesin yang tinggi yaitu di atas 10:1 sehingga aman untuk mesin, tidak menimbulkan emisi yang membahayakan kesehatan mekanik, pembalap dan penonton acara balap.

Nah banyak bukan perbedaan di antara BBM pertamina tersebut. memang tidak sembarangan juga dalam penggunaan bahan bakar. karena mesin menggunakan bbm dengan oktan bahan bakar yang sesuai dengan ratio kompresi. jadi di saat pabrikan merekomendasikan penggunaan salah satu jenis bahan bakar, berarti itu telah melalui perhitungan.

Sekian tentang Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina, semoga bermanfaat serta terimakasih atas kunjungan anda ke Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina.

Oktan BBM Premium, Pertamax, Plus dan Racing Pertamina | korekboreup | 4.5

Konten Yang Sesuai :