Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir

11 Februari 2015 | Category BAJAJ, Honda, KAWASAKI, SUZUKI, TVS, YAMAHA

Korek Bore-up – Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir – Ketika kita memaksakan mengendarai sepeda motor menerjang bajir, memang resikonya sepeda motor kita bisa mogok. namun meski begitu, banyak yang nekat menerjang banjir meski resiko kerusakan mesin harus dihadapi. memang terkadang kita tidak ada pilihan untuk menjalani keseharian meski jalanan banjir tetap kita paksakan.

Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir

Mungkin artikel saya sebelumnya harus anda baca agar terhindar dari kerusakan fatal pada mesin ada di Tips Aman Menerjang Banjir. Disaat sepeda motor anda terlanjur mogok akibat banjir, hal yang pertama tidak boleh anda lakukan adalah mencoba starter mesin. hindari dulu sebelum anda periksa apakah ruang mesin kemasukan oli atau tidak. nah bagaimana untuk memeriksa dan memperbaiki sepeda motor mogok yang terendam banjir, berikut selengkapnya.

Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir

  • Keluarkan sepeda motor dari genangan banjir

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah tentunya aanda harus mendorong lebih dulu sepeda motor keluar dari air banjir.

  • Cari tahu sejauh mana mesin sepeda motor terendam banjir

Yang kedua tentunya anda tahu sejauh mana mesin terendam air. karena dari situlah langkah selanjutnya kita periksa dan perbaiki. oke mungkin berikut ini penjelasanya.

1. Jika air merendam hingga box filter udara atau sampai karburator.

Jika bagian mesin yang terendam hingga box filter udara dan karburator, maka jangan dulu coba starter atau slah mesin. langkah pertama buka pembuangan oli mesin, untuk mengecek takutnya ada air masuk. bisa juga dengan melihat dari kontrol oli mesin. namun jika sudah agak lama karena sifat air yang akan berada di bawah oli maka lebih pastinya lihat dari pembuangan oli mesin.

Kemudian buka busi untuk memeriksa apakah air masuk ke ruang bakar atau tidak. setelah busi dibuka, coba slah perlahan mesin jika tidak kelaur air, coba slah atau starter mesin agar ruang bakar bersih dari air ( takutnya ada air masuk meski sedikit ).

Langkah selanjutnya buka pembuangan pada karburator, letaknya di bagian bawah karburator pada penampungan bensin. ada sekrup kecil, kendurkan pakai obeng dan lihat apakah bensin atau air yang keluar. jika air yang keluar, biarkan keluar sampai air habis. kemudian cek juga kondisi filter udara.

setelah semua di cek dan diperbaiki maka anda bisa coba hidupkan mesin.

2. Jika motor terendam hingga bagian komponen kelistrikan.

Nah kalau yang ini sebaiknya segera cabut kabel negatif aki dan periksa seluruh socket kabel. takutnya masuk air ke socket dan mengakibatkan korslet.

3.  Jika Sepeda motor terendam hanya sampai busi ( Pada Motor Bebek dan Matic )

Kalau yang ini biasanya motor mogok akibat padud busi atau cop busi kemasukan air atau bocor. buka cop busi dan keringkan saja. kemudian coba hidupkan.

Semoga cara Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir diatas bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir.

Memeriksa dan Memperbaiki Sepeda Motor Mogok Kena Banjir | korekboreup | 4.5

Konten Yang Sesuai :