Cara Menghitung Perbandingan / Ratio Kompresi Motor

9 Januari 2015 | Category BAJAJ, Honda, KAWASAKI, SUZUKI, TVS, YAMAHA

Korek Bore-up – Cara Menghitung Perbandingan / Ratio Kompresi Motor – Perbandingan kompresi pada sebuah mesin juga sangat penting karena dari situlah nantinya ditentukan bahan bakar yang digunakan pada mesin tersebut. seperti kita ketahui jika perbandingan atau ratio kompresi menentukan kadar oktan atau ron yang digunakan pada mesin tersebut. bagaimana cara menghitung perbandingan kompresi atau ratio kompresi, berikut ini.

Rumus Menghitung Perbandingan / Ratio Kompresi Motor

biasanya dari brosur sepeda motor baru sudah tercantum berapa kompresi dari motor tersebut. dan rumus hitung ini diperlukan jika anda melakukan modifikasi pada mesin.

VC + VB

VB

VC = volume silinder

VB = volume ruang bakar

itu adalah rumusnya lalu bagaimana apakah ada contohnya. berikut ini salah satu contohnya.

contoh :

sepeda motor jupiter memiliki volume silinder 115cc. dan volume ruang bakar 13.85cc.

Ada angaka volume ruang bakar, bagaimana cara menghitungnya, ada cara simpel yaitu didapat dengan mengisikan cairan menggunakan alat seperti suntikan yang terdapat ukuran cc nya untuk mengisi ruang bakar jupiter dengan cairan. lain waktu akan saya tulis.

Lanjut kita menghitung.

115 + 13.85

13.85

= 9.333333

jadi didapat kapasitas kompresi dari mesin jupiter standar adalah 1 : 9.3

Nah semoga Cara Menghitung Perbandingan / Ratio Kompresi Motor bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Cara Menghitung Perbandingan / Ratio Kompresi Motor.

Cara Menghitung Perbandingan / Ratio Kompresi Motor | korekboreup | 4.5

Konten Yang Sesuai :